Penjelasan Eskrim

Es krim? Ya es   krim   merupakan   salah   satu   kebutuhan   yang   digemari masyarakat   pedesaan   dan   kalangan   anak-anak   hingga   orang   tua.   Umumnya pengusaha  kecil  dalam  kegiatan  produk  es  krimnya  masih  tradisional,  Seperti yang  dilakukan  oleh  perusahaan  es  krim  di  Jl.  Cengkeh  Turi  Pasar  10  Binjai. Caranya  yaitu  adonan  es  krim  diputar-putar  didalam  boss  menggunakan  tangan selama   2–2,5   jam/boss.


ES Krim

Es krim? Ya es   krim   merupakan   salah   satu   kebutuhan   yang   digemari masyarakat   pedesaan   dan   kalangan   anak-anak   hingga   orang   tua.   Umumnya pengusaha  kecil  dalam  kegiatan  produk  es  krimnya  masih  tradisional,  Seperti yang  dilakukan  oleh  perusahaan  es  krim  di  Jl.  Cengkeh  Turi  Pasar  10  Binjai. Caranya  yaitu  adonan  es  krim  diputar-putar  didalam  boss  menggunakan  tangan selama   2–2,5   jam/boss.   Kondisi   semacam   ini   tidak   menguntungkan   karena terlalau  lama,  dan  pekerja  sebagai  pemasar  kehilangan  waktu  efektifnya  untuk segera menjualkan esnya di lingkungan pedesaan. Permasalahan  pokok  yang  dihadapi  dalam  pembuatan  es  krim  adalah bagaimana  memproduksi  es  secara  effisien  dan  efektif.  Maka  untuk  mengatasi masalah  tersebut  perlu  dibuat    alat  pembuat  es  krim  secara  mekanik  dan  semi otomatik. Manajemen  produksi  ditangani  langsung  oleh  pimpinan  es  krim  yang memproduksi  es  krim  adalah  tenaga  pemasar  di  bawah  koordinasi  pimpinan. Pemasaran   es   krim   dilakukan   oleh   tenaga   produksi/pemasar   ke   masyarakat  pedesaan  dan  sekitarnya.  Tenaga  pekerj a  yang  dimiliki  berjumlah  10  orang sebagai tenaga produksi sekaligus pemasar, mereka berasal dari  dari daerah yang berbeda seperti Langkat, Siantarbahkan ada yang dari daerah perbaungan dan lain sebagainya, Pendidikannya rata-rata SD, SMP dan umurnya 17 sampai 50 tahun.
Keberadaan usaha es krim sangat berarti terhadap lingkungannya, karena dapat melibatkan para masyarakat setempat maupun pencari kerja dari daerah sekitar. Menurut pimpinan usaha ini, untuk mengatasi masalah pengangguran, kapasitas masih dapat ditinggkatkan menjadi 20 orang produksi/pemasar, bila teknologi produksinya dapat disempurnakan lewat penerapan teknologi tepat guna.

Sejarah ES Krim

Es krim dikenal sejak zaman Romawi, yaitu pada 400 tahun Sebelum Masehi. Produksi es krim secara komersial mulai dilakukan pada abad ke-18, menyusul ditemukannya mesin freezer pada tahun 1846. Pabrik es krim pertama dibangun di Baltimore, Amerika Serikat, pada tahun 1851. Es krim dapat dikatakan sebagai jenis hidangan paling populer di dunia. Pada tahun 2003, produksi es krim dunia mencapai lebih dari satu miliar liter dan dikonsumsi oleh miliaran konsumen per tahun. Menurut Standar Nasional Indonesia, es krim adalah sejenis makanan semi padat yang dibuat dengan cara pembekuan tepung es krim atau campuran susu, lemak hewani maupun nabati, gula, dan dengan atau tanpa bahan makanan lain yang diizinkan. Di pasaran, es krim digolongkan atas kategori economy, good average dan deluxe.

Struktur Dan Kandungan Es Krim

Es krim tidak lain berupa busa (gas yang terdispersi dalam cairan) yang diawetkan dengan pendinginan. Walaupun es krim tampak sebagai wujud yang padu, bila dilihat dengan mikroskop akan tampak ada empat komponen penyusun, yaitu padatan globula lemak susu, udara (yang ukurannya tidak lebih besar dari 0,1 mm), kristal-kristal kecil es, dan air yang melarutkan gula, garam, dan protein susu. Berbagai standar produk makanan di dunia membolehkan penggelembungan campuran es krim dengan udara sampai volumenya menjadi dua kalinya (disebut dengan maksimum 100 persen overrun). Es krim dengan kandungan udara lebih banyak akan terasa lebih cair dan lebih hangat sehingga tidak enak dimakan. Bila kandungan lemak susu terlalu rendah, akan membuat es lebih besar dan teksturnya lebih kasar serta terasa lebih dingin. Emulsifier dan stabilisator dapat menutupi sifat-sifat buruk yang diakibatkan kurangnya lemak susu dan dapat memberi rasa lengket.


Nah sekian deh artikel tentang es krim ini semoga bermanfaat. 

0 comments