Pengujian Kekerasan Brinell

Pengujian kekerasan Brinell merupakan salah satu uji kekerasan yang dapat dilakukan selain uji kekerasan Rockwell. Perbedaan metoda Rockwell dengan metoda yang lainnya yaitu pengujian kekerasan dengan menggunakan metoda Rockwell menitik beratkan pada pengukuran kedalaman hasil penekanan alat penekan (indentor) yang membentuk berkasnya (indensi) pada specimen yang digunakan.
            Sedangkan metoda Brinell dan Vickers menitik beratkan pada perhitungan kekuatan bahan terhadap pembebanan setiap daya luas penampang bidang yang menerima pembebanan tersebut. Kesamaan dari ketiga metoda ini yaitu mempunyai kesamaan prinsip dasar dalam menentukan angka kekerasannya.

Cara Uji Kekerasan Brinell

Cara uji Brinell dilakukan dengan penekanan sebuah bola baja yang terbuat dari baja chrom yang telah dikeraskan dengan diameter tertentu, oleh suatu gaya tekan secara statis kedalam permukaan logam yang diuji tanpa sentakan. Permukaan logam atau specimen yang diuji harus rata dan bersih. Setelah gaya tekan ditiadakan dan bola baja dikeluarkan dari bekas lekukan, maka diameter paling atas dari lekukan tadi diukur secara teliti untuk kemudian dipakai untuk penentuan kekerasan logam yang diuji dengan rumus :

Pengujian kekerasan Brinell merupakan salah satu uji kekerasan yang dapat dilakukan selain uji kekerasan Rockwell
Dimana :
               P  = Beban yang diberikan (KP dan Kgf)
               D  = Diameter indentor yang digunakan
               d  = Diameter bekas lekukan
Kekerasan ini disebut kekerasan Brinell yng biasa disingkat HB atau HBN (Brinell Hardness Number). Bertambah keras logam yang akan diuji maka bertambah tinggi juga nilai HB yang akan diperoleh. Bahan-bahan atau perlengkapan yang digunakan untuk melakukan uji kekerasan dengan menggunakan metoda Brinell, adalah sebagai berikut :
  1. Mesin uji kekerasan Brinell.
  2. Bola baja untuk Brinell (Brinell Ball).
  3. Mikroskop pengukur.
  4. Stopwatch.
  5. Mesin gerinda.
  6. Amplas kasar dan halus
  7. Benda uji (Test Specimen).

0 comments